Wednesday, July 16, 2008

berkenalan dengan JogXer

kurang lebih 5 tahun saya ikut bergabung di KPLI-Jogja (jogxer);
banyak pengalaman dan teman yg saya dapatkan di sana.
awal mula gabung dg komunitas ini adalah ingin mendapat pelajaran dan
ilmu dari anggota jogxer yg lain. meskipun saya menggunakan dan kenal
linux agak lama (sekitar taon '97) tapi saya hanya sekedar berhasil
menginstall dan menggunakannya ntuk kebutuhan sehari-hari,dan kebetulan
juga distro yg saya gunakan sudah mengenali hardware yg saya pake. saat
itu saya menggunakan SuSE 6.2; sempat bercerai dg linux beberapa taon,
kemudian menjalin hubungan lagi dg linux yaitu SuSE 8.0, dan RH9, saat
itu juga hanya sekedar menggunakan u/ keperluan sehari-hari
(sampai sekarang juga hanya sekedar menggunakan ding...   ;-)  )
pada suatu ketika saya baca infolinux yg memuat berita ttg jogxer,
kemudian saya gabung dg milis, satu persatu kenalan dg anggota jogxer di
dunia maya, dan suatu ketika saya ingin mencoba vektor linux, dan
kebetulan saat itu iwan (a.k.a stwn) punya cd-nya dari situ kemudian
stwn mengajak saya u/ kumpul2 pada waktu jemuah

pertama kali datang yg kumpul lumayan banyak kira2 ada 10-15 orang
(waktu itu msh ada dedy e.. skr dedy ada lagi, stwn, jaya, willy sr,
trus siapa lagi ya...)
mulai saat itu tiap 2 minggu sekali saya punya jadwal pasti u dolan di
hari minggu, kumpul dg temen2 jogxer
pernah suatu ketika yg datang banyak banget sampe 25-30 orang, tapi juga
pernah yang dateng cuman 5 orang bahkan pernah yg dtg cuman bertiga.
pernah coba di  rubah (...eit... salah...) di ubah waktu pertemuannya,
berhubung bulan puasa, maka pertemuan di ganti sore hari sekalian buka
puasa bersama.
bondan membawa kardus minuman sebanyak 15 gelas (krn perkiraaan yg dtg
sekitar segitu) eh.. ternyata yg dtg cuman berempat (saya agak lupa, yg
dtg aku,, stwn, bondan, trus satu lagi siapa ya....., apa cuman bertiga
ya....) sebenernya agak ngenes juga yg dtg tidak seperti yg di harapkan,
krn udah saatnya buka puasa, kemudian di lanjutkan buka puasa di resto
PKL deket apartemen sejahtera.

banyak event saya ikuti dg temen2 di komunitas ini. pada awalnya saya
hanya ikut aja sbg peserta, lama-kelaman ingin juga menyumbangkan tenaga
dan pikiran.
beberapa peluang u/ memperkenalkan dan memperbesar jogxer dtg pada saya.
waktu itu saya punya slot acara di sebuah radio di jogja dlm 1 minggu
saya mengurada 1x dg durasi +- 60mnt, dari 1 bulan jatah 1 x mengudara
saya khususkan u/ membahas ttg linux, tetapi usaha ini juga belum
membuahkan hasil, krn mungkin memang segmen pendengar radio ini tidak
seperti target kita. meskipun tidak mencapai target saya tetep puas,
karena saya bisa berbagi dg jogxer, saya mendapat banyak ilmu di jogxer,
so saya juga ingin berbagi dg temen2 yg
lain.................................


pernah suatu ketika anggota yg aktif banyak, bkn hanya bertepatan dg
event tertentu, tapi juga saat jemuah. klo pas rame asyik dan
menyenangkan, meskipun tidak semua yg dtg jago2 linux, tapi di situ
asyiknya yg jago membagikan ilmunya dan yg kurang jago jadi  jago
linux.......

stwn mencetuskan sesuatu yg baru, jemuah-NG (next generation), idenya
adalah jika jemuah ada topik ato tema yg di omongkan ato di bahas, dg
harapan yg dtg juga bertambah. lumayan berjalan beberapa bulan, kemudian
model ini mandek........... (entah kenapa?apa yg salah dg jogxer???????)
yg kadang membuat heran jika ada even yg dtg banyak koq pas jemuah yg
dtg sedikit ya.....
beberapa kali mencoba u/ merangkul temen2 ksl, 1-2x berhasil, musim
ujian n liburan sepi.....eh.. koq sepinya keterusan...... setiap ketemu
temen2 ksl, saya terus mengajak dan membujuk mereka u/ dtg dan mengajak
temen2 yg lain u dtg jemuah..... (saya blm capek dan tetep memprovokasi
temen2 ksl u/ dtg)

kembali ke beberapa taon yg lalu, ada kesempatan buat jogxer u/ ikut
membuka stan di suatu pameran komputer di JEC, (waktu itu targetnya kita
buka stan di teras JEC)e.... ternyata EO pameran memberi kita tempat di
dalam gedung (terimakasih banget buat pak Ing). Kita bisa menunjukkan
dan memamerkan linux ke pada para pengunjung. apa lagi sebelah kita stan
starone yg spgnya cewek2 (la... klo cowok bkn spg tapi SPB  :-)  )banyak
yg mengerubungi stan kita,[khan sebelah kita ceweknya cantik2] sampai
kita kehabisan stok.
klo tidak salah ini kali kedua Jogxer unjuk gigi di pameran
komputer.(krn taon sebelumnya kita juga dpt tempat juga, tapi numpang di
stand toko komputer, maaf saya saat itu blm aktif di jogxer jadi kurang
begitu tahu, mohon di koreksi klo saya keliru)

4 bulan yg lalu kesempatan lain dtg lagi, JKM (jogja komputer market)
menawarkan kerja sama kepada kita u/ mengisi acara di jogjatronik
lgs tdk kita sia-siakan, yuda penghubung kita dg pihak jogjatronik, lgs
menghubungi temen2 u/ membicarakan peluang ini. saat pertemuan dg pihak
JKM,  kita dpt kesempatan mengisi acara 1x dlm 1 bulan.
maksud dari JKM adalah membuat jogjatronik rame dan jadi tempat
kumpulnya it-jogja

kemudian pr temen2 jogxer adalah, format acara jemuah seperti apa yg
bisa di laksanakan di jogjatronik? muncullah ide spt yg dulu pernah kita
lakukan pada Jemuah-NG. selang satu bulan dilaksanakanlah acara tersebut.
bulan I yg dtg banyak...15-20 orang, bulan kedua
menyusut 10-15 org, bulan ketiga........berapa yg dtg?dari imil
diketahui yg dtg 5 orang: yodi+okto, mas firmansyah, mas afif efendi,
dan mas ryu_da_el [cmiiw], mkn yg lain ada yg dtg tapi gak ngomong di
milis ini (Adzy Maniac, kowe teko ora, sing ngisi acara kan kudune kowe)
>> yg datang pasti pada KECEWA.........
memang kita masing2 memiliki kewajiban dan tugas lain yg tdk bisa kita
tinggalkan. contohnya saya juga tidak bisa dtg,
mohon maaf kepada temen2 terutama temen2 ksl, yg biasanya saya sms dan
saya "oyak2" untuk selalu dtg tiap jemuah dan even2 jogxer.

smoga ini jadi pelajaran dan pengalaman buat kita semua, masih banyak
pengalaman suka-duka bersama KPLI-JOGJA, (pengalaman saya bersama JOGXER
belum seberapa di banding fathir, stwn, dedy, dan temen2 lain yg udah
aktif lebih dahulu)
buat temen2 yg kmrn kecewa, jangan patah arang, msh ada kegiatan jogxer
yg lainnya, bsk datang lagi ya..........  :-P 

SEMANGAT.............!!
BHINEKA TUNGGAL KERNEL (*Iyan, aku pinjem kalimatmu*)

1 comment:

Rotua said...

Lebih tepatnya Binhacka Tunggal Kernel......

Bravo PENGUIN!!